Perkantoran PEMDA Kabupaten Pringsewu (0729)7330048 (0729)7330048 kabpringsewu@kemenag.go.id Senin - Kamis (07.30 - 16.00) Jum'at (07.30 - 16.30)
  • HAB 2021
  • RI
Selamat Datang Di Website Resmi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung

MTs Negeri 1 Pringsewu Sukses Gelar Science Laboratory Challenge 2020

Pringsewu (Humas)- Pandemi Covid-19 tidak mengendurkan aktivitas pembelajaran di MTs Negeri 1 Pringsewu. Walau pembelajaran dilakukan secara daring ternyata tetap mampu membuahkan hasil karya bahkan dalam praktek ilmiah. Hal ini tercermin dalam bentuk final science challenge yang diadakan di madrasah yang berjuluk kampus Madani ini, Jum'at (18/12/2020).

Ada tiga kandidat yang lolos babak awal dan harus mempresentasikan penelitiannya didepan dewan penguji. Mereka adalah Adam Winatra dari kelas 7g. Melalui jalur perseorangan mampu menembus final dengan Percobaan Listrik Statis-nya.

Kemudian tim kelas 8a yang terdiri dari Citra Agil Trilenstari, Hepi Eskalahuni Putri Aji dan Rizka Karima. Ketiga personil tersebut mempresentasikan Alat Penyulingan Air. Dan berikutnya tim dari kelas 9a yang terdiri dari Salsabil Fadhiilah, Fadhlia Laila Nur Sabilla serta Syafika Naila Azmi. Bertiga mempresentasikan Pengaruh Beberapa Larutan Zat Terhadap Telur.

Dengan kostum laboran & face shield secara bergilir ketiga kontestan menyampaikan bahan, alat dan tahapan dalam penelitian mereka serta kegunaan penelitian. Kemudian praktek secara langsung didepan juri yang terdiri dari guru pembimbing Kimia dan Biologi MTs Negeri 1 Pringsewu.

Adalah kepala laboratorium IPA, Eka Devi Safitri, S.Pd. yang menginisiasi kegiatan challenge (tantangan) tersebut sejak bulan Nopember 2020 lalu. Dibantu Tri Apilastuti, S.Pd., berdua bahu membahu memacu kreativitas siswa dibidang science madrasah. Hingga berujung pada penganugerahan praktek ilmiah terbaik untuk semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.

"Kami membuat program science challenge untuk peserta didik yang berada di rumah masing-masing. Teknisnya, bisa perseorangan ataupun kelompok membuat video praktek atau penelitian science dengan materi bebas. Kemudian kami tentukan 3 pilihan terbaik untuk presentasi langsung di depan dewan penguji di laboratorium madrasah," terang Eka Devi Safitri, S.Pd. kepala laboratorium yang lincah ini.

"Setelah melalui penilaian dengan melihat materi & tingkat kesukaran, maka kami memilih Pengaruh Beberapa Larutan Zat Terhadap Telur yang dipresentasikan tim 9a untuk peringkat pertama. Kemudian berturut-turut peringkat 2 dan 3 tentang Alat Penyulingan Air dari kelas 8a serta Percobaan Listrik Statis dari kelas 7g," kata Tri Apilastuti, S.Pd. mewakili dari tim juri.

Drs. H. Muhaidin, M.M. sesaat sebelum memberikan medali menyampaikan bahwa madrasah akan terus memotivasi guru dan siswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran. Pandemi Covid-19 jangan dijadikan alasan untuk mematikan motivasi belajar.

Kepala madrasah tidak hanya sekedar memberikan ucapan selamat pada para ilmuwan cilik tersebut tetapi ia juga menganugerahi medali, sertifikat dan uang pembinaan dari madrasah. (rhmt/HumasKemenag)

alur nikah

alur daftar haji

Kontak

  Komplek Perkantoran PEMDA Kabupaten Pringsewu, Pekon Klaten, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Propinsi Lampung, Kode Pos 35372
  (0729)7330048
  kabpringsewu@kemenag.go.id
  kemenagpringsewu.id